Fakta di balik maraknya kasus perceraian

Masalah perceraian di jaman sekarang menjadi hal yang tidak tabu lagi,tak hanya di kalangan artis di masyarakat umum juga angka percerain melonjak drastis,dampak sosial dari perceraian bisa mempengaruhi baik di pihak istri maupun suami,terutama anak yang menjadi korban,pernahkan anda hal seperti apa yang meyebabkan sebuah keluarga memilih bercerai,berikut alasan yang yang menjadi dasar mereka memilih untuk bercerai.

1. ekonomi atau finansial

Hidup dalam  keadaan serba kekurangan membutuhkan kesabaran yang sangat besar. banyak keluarga yang tidak bisa bertahan dalam kekurangan. khususnya wanita. tentu  saja akan menyebabkan banyak masalah baru sehingga.apalagi jika ada tetangga yang membeli sesuatu yang baru,tentu saja itu menjadi kecemburuan sosial,sedangkan gaji suami kecil yang tidaknbisa memenuhi segala keperluan si istri, menimbulkan cekcok antara suami istri.

2. Komunikasi

Komunikasi pasif  antara suami dan istri. Yang di maksud disini suami terlalu otoriter atau istri terlalu otoriter tidak mau menerima masukan satu sama lain. Jalan utama untuk mengatasi komunikasi pasif adalah mencoba untuk melakukan komunikasi aktif dan bersifat terbuka.jika memutuskan sesuatu alangkah baiknya atas dasar kesepakatan.bersama dan atas sepengatuhuan sedua belah pihak.

3. Perbedaan

Sebelum menikah perbedaan tak menjadi soal tadi setelah masuk dunia rumah tangga menhadi benih2 percerain karena setelahbberkeluarga masalah perbedaan ini menjadi komplek.  Contoh nya seperti :
Perbedaan faham dan keyakinan
Perbedaan ide dan pemikiran
Perbedaan status sosial dari masing-masing keluarga kaya dan miskin.

4. Tidak memenuhi kewajiban masing2 pasangan

Dalam bahtra rumah tangga masing2 suami istri mempunyai kewajiban untuk saling setia, saling mencintai, saling menyayangi, bertanggung jawab, saling menjaga, dan saling menghargai. Jika rasa tanggung jawab ininhilang atau tidak di penuhi maka sangat mudah terjadi perceraian. Contoh nya,
Mencintai pihak ketiga
Suami mengabaikan tanggung jawab untuk mencari nafkah
Istri tidak menjaga kehormatan dan martabat keluarga

5. Perselingkuhan

Selingkuh adalah sebuah penghianatan dalam rumah tangga. Semua orang tidak menginginkan orang yang dicintai melakukan perselingkuhan kepada orang lain. Tentu saja hal ini menyebabkan luka dalam yang membekas di hati. Luka karena mereka dihianati akan menyebabkan keputusan dini tanpa pertimbangan terlebih dahulu, yaitu perceraian.

6. Masalah nafkah batin

Nafkah batin atau seks adalah salah satu alasan penting mengapa seseorang melangsungkan pernikahan. Selain kebutuhan jasmani, kebutuhan batin pun harus terpenuhi agar keutuhan rumah tangga tetap terjaga. Terkadang ketidakpuasan dalam nafkah batin menyebabkan seseorang melakukan perselingkuhan.

7. Sibuk bekerja

Ketika masing -masing Sibuk bekerja .saat kumpul bersama keluarga menjadi jarang Aktifitas pekerjaan yang berlebihan membuat lelah, saat pulang bekerja keduanya mungkin akan menghabiskan waktu untuk istirahat. Keadaan seperti ini tentunya sangat tidak harmonis, apalagi ketika beban pekerjaan semakin bertambah dan menumpuk. Beban pikiran karena pekerjaan terkadang membuat keduanya mudah emosi sehingga menimbulkan pertengkaran. 

8. Kurangnya perhatian

Manusia memiliki watak senang diperhatikan, diakui, dicintai, dan disayangi. Jika dalam keluarga salah satu pasangan mendapatkan perhatian kurang, maka bunga kemesraan dalam rumah tangga pun akan layu. Dan tentu saja hal ini bisa memperbesar peluang perceraian antara keduanya.

9. Saling curiga

Mencurigai pasangan adalah sebuah penyakit yang harus diobati karena ini akan menimbulkan prasangka buruk, menuduh, dan fitnah, Sifat ini biasanya dimiliki oleh pasangan yang protektif.

10. Sering bertengkar

Pertengkaran dalam rumah tangga pasti dialami oleh banyak orang. Pertengkaran kecil sebaiknya tidak dianggap remeh, apalagi jika watak keduanya (suami dan istri) mudah tersinggung dan sulit untuk berdamai, tentu ini akan sangat mudah untuk mengeluarkan kata-kata yang bernada perceraian.

11. KDRT(Kekerasan dalam rumah tangga)

Intimidasi atau perkataan kasar yang dilontarkan oleh suami kepada istri dapat mematikan keharmonisan dalam rumah tangga.apalagi jika sampai terjadi kekerasan dalam rumah tangga. Seorang istri adalah manusia yang mempunyai perasaan dan hati, intimidasi dan kekerasan akan membuatnya lebih memilih memutuskan hubungan perkawinan daripada bertahan.

Nah jika anda dalam ambang perceraian alasan2 di atas tadi mungkin jadi penyebab perceraian.alangkah baiknya mempertahankan rumah tangga anda sebijak mungkin dan menjauhi percerian.

0 Response to "Fakta di balik maraknya kasus perceraian"

Post a Comment

Popular Posts