tips Mempersiapkan pernikahan dengan budget minim


mempersipkan pernikahan adalah hal yang anda harus atur dan di manage dengan baik agar 
rencana pernikahan anda berjalan dengan baik,anda tidak mau kan selesai elaksanakan resepsi pernikahan anda terlilit hutang karena banyak anggaran yang tidak terduga,oleh karena itu pemperhitungkan biaya pernikahan anda se efektif dan seefisien mungkin berikut tahapan yang patutu anda persiapkan'

1.diskusikan dengan keluarga 

ketika ada sudah mantap akan menikah dengan calon anda, segera diskusikan rencana tersebut dengan keluarga. bicara lah dengan jujur tentang anggaran yang Anda dan pasangan miliki. jangan gengsi jika minta bantuan dari keluarga,anggota keluarga  biasanya senang dilibatkan untuk mem bantu memecahkan masalah yang Anda hadapi, misalnya punya kenalan yang bisa di rekomendasikan pihak katering, photographer, pembuat undangan atau lokasi yang bisa memudahkan sekaligus mengirit biaya. tapi ingan untuk konsep dan acara lebih baik masukan anda dan pasangan lebih dominan di banding keluarga. 

2. Buat daftar harga dan anggaran biaya

 dengan menentukan bugded  dalam memilih apa saja yang dibutuhkan saat pesta pernikahan masukan daftar belanja pengeluaran inti biaya pernikahan biasnya  pos anggaran cetring yang paling menguras biaya upayakan . Anda juga tidak perlu memaksakan diri untuk membeli hal-hal yang bersifat hanya sebagai pelengkap. 

3. mas kawin dan hantaran

maskawin merupakn kesepakatan dari anda dan pasangan anda biasanya pihak wanita yang menentukan namun  besarnya mas kawin yang diberikan kiranya tidak memberatkan pihak laki-laki,supaya tidak terasa berat anda bisa menyicil hantaran dan maskawin,supaya tidak terasa berat jika langsung di anggarkan.

3.  lokasi pernikahan.

 untuk lokasi tergantung dari kesepatan anda dan pasangan ,bila berencana melangsungkan acara pernikahan di rumah, itu artinya Anda bisa melakukan penghematan biaya sewa gedung. Namun, jika Anda akan mengadakan pesta pernikahan di gedung, sebaiknya pilih yang kapasitasnya sesuai dengan jumlah undangan.

4. Tentukan jumlah undangan 

 anda tidak harus mengundang semua orang yang sipatnya hanya kenal saja ,anda harus pikirkan orang-orang yang Anda harapkan hadir di pernikahan Anda. Jika memang keluarga dan sahabat dekat saja, katering bisa dilakukan sendiri atau dengan melibatkan rekan-rekan dan keluarga.

5. Lakukan rangkaian prosesi acara dalam satu hari saja.

jika  Anda mempunyai budged yang minim lebih baik  melangsungkan akad nikah dan resepsi pada jam yang berurutan untuk menghindari biaya tak terduga.

6. Pilih persiapan pernikahan dalam bentuk paket.

 Saat Anda memilih gedung, biasanya mereka akan menawarkan paket-paket pernikahan dalam bentuk all-in-one. Pilih paket yang sudah mencakup katering, dekorasi, photo, pakaian pengantin dan tata rias.anda bisa menyewa di salon ,selektif lah untuk masah memilih salon,anda bisa mwmbandingkan antara satu sama lain,agar anda bisa dapat aternatif yang lebih pleksibel  untuk memilih.untuk anda yang ingin membuat sendiri di harapkan anda membeli pada mulai mei-juni karena pada bulan-bulan tersebut harga bahan sedang turun. Hindari membeli bahan menjelang hari besar karena Anda akan mendapatkan harga yang cukup tinggi.

7. Untuk memeriahkan acara resepsi.

 Anda bisa meminta sahabat-sahabat dekat untuk bernyanyi saat resepsi. Selain berkesan akrab, ini juga memangkas anggaran Anda untuk pengisi acara.

dengan merencanakan pernikahan anda sedini mungkin  biaya dan acara pernikahan anda berjalan lancar,persiapkan ini bisa anda lakukan selama 6bulan-1tahun sebelum hari H.semoga bermanfaat


0 Response to "tips Mempersiapkan pernikahan dengan budget minim"

Post a Comment

Popular Posts